Beranda | Artikel
Fenomena Alih Fungsi Gereja Menjadi Masjid
Senin, 18 Januari 2010

FENOMENA ALIH FUNGSI GEREJA MENJADI MASJID

Sesungguhnya alih fungsi gereja menjadi masjid merupakan satu fenomena positif pada zaman ini, yang menggambarkan kemenangan dan ketinggian Islam dari agama-agama lain.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Qur`ân) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai. [at-Taubah/9 : 33].

Alih fungsi ini menunjukkan, bahwasanya agama Islam merupakan agama untuk semua manusia, selalu sesuai kapan dan dimana saja.

Pemeluk agama lain yang memiliki akal, seandainya mau merenungi tentang Islam dengan sebenar-benarnya, (maka) mereka akan mendapatkan kebenaran agama ini. Dan sudah tentu, mereka sangat ingin untuk masuk ke dalamnya, sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهِ إِذَا يُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ سُجَّدًا﴿١٠٧﴾وَيَقُولُونَ سُبْحَانَ رَبِّنَا إِنْ كَانَ وَعْدُ رَبِّنَا لَمَفْعُولًا

Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya, apabila Al-Qur`ân dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi”. [al-Isrâ`/17:107-108].

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَرَفُوا مِنَ الْحَقِّ ۖ يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ﴿٨٣﴾وَمَا لَنَا لَا نُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا جَاءَنَا مِنَ الْحَقِّ

Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al-Qur`ân) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: “Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Qur`ân dan kenabian Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ). Mengapa kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada kami…. [al-Mâ`idah/5 : 83-84].

Sesungguhnya alih fungsi gereja menjadi masjid serta masuknya ahli kitab ke dalam agama Islam merupakan suatu bukti nyata tentang kebenaran agama Islam serta kenabian Muhammad, yang menunjukkan bahwa keduanya datang dari sisi Allah untuk kebahagiaan manusia. Sungguh, tidak ada kebahagiaan yang hakiki kecuali dengan Islam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. [Ali ‘Imrân/3 : 85].

(Diterjemahkan dari: Al-Bayân li Akhtâ Ba’dhi Kuttâb, karya Syaikh Shâlih al-Fauzân, Dâr Ibnil Jauzi Cet I Th. 1425 H, Vol 2, halaman 54)

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 09/Tahun XII/1429H/2008M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196.Kontak Pemasaran 085290093792, 08121533647, 081575792961, Redaksi 08122589079]


Artikel asli: https://almanhaj.or.id/2630-fenomena-alih-fungsi-gereja-menjadi-masjid.html